Rabu, 20 Februari 2008

Alzheimer....


Good evening guys…
Wah seger banget ya, habis pulang olahraga. By the way lo semua pada suka olahraga ga? Emhh penting bgt tuh buat keep your healthy.
Oh ya kali ini gw mau sedikit membahas tentang suatu penyalit yang memang mungkin jarang lo dengar, karena memang orang baru mengenalnya akhir2 ini.
Tau Alzheimer????? Pernah liat film
korea“ Sweet to remember “??? Ok deh kita mulai ya,
Sedikit perlu diketahui Alzheimer atau sebutannya az-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit menular. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan parahnya sehingga pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri. Penyakit Alzheimer bukannya 'kekanak-kanakan karena usia tua' yang sekadar suatu proses penuaan. Sebaliknya, adalah sejenis masalah kesehatan yang amat menyiksa dan perlu diberikan perhatian.
Penyakit ini ditemukan oleh Dr. Alois Alzheimer pada 1907 ini, dinamakan Alzheimer, karena menurut namanya..
Menurut pengamatan Alzheimer mendapati Syaraf otak tersebut bukan saja mengecut, malah dipenuhi dengan gumpalan protein yang luar biasa yang disebut plak amiloid dan serat yang berbelit-belit (neuro fibrillary).
Amiloid protein yang membentuk sel-sel plak protein, dipercaya menyebabkan perubahan kimia otak. Musnahnya sel-sel saraf ini menyebabkan syaraf otak yang berfungsi menyampaikan pesan dari satu neuron ke neuron lain terpengaruh.
Penyakit ini memang tidak terlalu terkenal, Kemungkinan ini disebabkan oleh penyakit ini tidak dapat dilihat gejalanya langsung seperti penyakit hipertensi yang dapat dilihat melalui pemeriksaan tekanan darah secara berkala.
Penelitian klinis terbaru menunjukkan suplementasi dengan asam lemak omega-3 dapat memperlambat menurunan fungsi kognitif pada penderita alzheimer ringan.
Seorang ahli Psikogeriatrik, Kantor Pengobatan Psikologi, Fakultas Pusat Pengobatan Universitas Malaya , Dr. Esther Ebeenezer mengungkapkan Resiko untuk mengidap Alzheimer, penyakit yang sinonim dengan orang tua ini, meningkat seiring dengan pertambahan usia. "Bermula pada usia 65 tahun, seseorang mempunyai resiko
limapersen mengidap penyakit ini dan resiko ini meningkat dua kali lipat setiap
limatahun," sekalipun penyakit ini dikaitkan dengan orang tua, namun sejarah membuktikan bahawa pesakit pertama yang dikenal pasti menghidap penyakit ini ialah wanita dalam usia awal 50-an.
Waduhh serem juga ya, nah..Film yang berjudul Sweet to remember juga menceritakan seorang perempuan yang secara tidak sadar mengidap penyakit Alzheimer, dia mulai lupa semau tentang masa lalunya, lupa cara memasak, lupa kalau dia pernah menikah, lupa dengan semua kenangan manis yang pernah dia lalui..wah romance bgt, dan dijamin bikin berderai….
Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini, hanya terapi2 saja dan perhatian orang disekeliling pengidap penyakit ini.
Banyak tokoh dunia yang mengidap penyakit ini diantaranya : Penulis Enid Blyton, Charles Bronson, Winston Churchill, RatuJuliana dari Belanda(1948 – 1980), Ronald Reagan.
So.. rajinlah berolahraga, untuk mencegah terjadinya penyakit ini dan juga hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
Sehat itu mahal …guys

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal mbak

keren juga postingannya

lumayan bwt nambah pengetahuan biar ngk buta ilmu